Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit ( 4x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Narrative
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Membaca
5 Memahami makna teks
tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Berbicara
6. Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
5.2 Merespon makna dan
langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks
berbentuk: recount, narrative,
dan procedure
6.2 Mengung-kapkan makna
dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount, narrative,
dan procedure.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
·
Siswa dapat merespon teks monolog sederhana
berbentuk narrative
·
Siswa dapat melakukan teks monolog lisan
berbentuk narrative
E. Materi Pokok
teks tulis
monolog/esei sederhana berbentuk narrative,contohnya,
Queen Aji Bidara Putih
Muara Kaman lies along the Mahakam River, in
eastern Borneo. In the past the area was a kingdom ruled by Queen Aji Bidara
Putih. She was a typical queen of myths: beautiful, wise, and sensitive. Many
princes and kings proposed to her but she always refused them because she was
more concerned with ruling her country and guarding her people.
One day, a Chinese boat came to eastern
Borneo. First, the people thought it was a merchant ship but the boat was
loaded with trade goods and highly trained soldiers. Their envoys brought gold
and porcelain to announce the marriage proposal from a prince of China. The
queen didn’t refuse instantly and replied that she had to ponder the proposal
first. After the envoys left the palace, the queen called a court officer and
ordered him to infiltrate the Chinese boat to gather information on the
prince…...
Adapted from:
www.st.rim.or.jp
Narrative dapat dijelaskan sebagai berikut:
a. Purpose
To amuse, entertain, and to deal with actual
or vicarious experiences in different ways. (Untuk menghibur pembaca melalui
cerita).
b. Generic structure.
1) Orientation: Sets the scene and
introduces the participants. (Memperkenalkan tokoh dan setting)
2)
Complication : A crisis arises
(Munculnya masalah).
3)
Resolution : the crisis is
resolved (Terselesainya masalah).
4)
Evaluation : A stepping back
to evaluate the plight. (Melangkah ke belakang untuk memikirkan nilai / makna
sebuah peristiwa, bisa ada dan tidak)
5)
Reorientation : Optional (Bisa a )
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab tentang
isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau
didengar.
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab tentang
isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau
didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film.
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi monolog berbentuk naratif.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk naratif
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai monolog berbentuk naratif
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai monolog berbentuk naratif.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat monolog berbentuk naratif.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi monolog berbentuk naratif
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai monolog berbentuk naratif
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi monolog berbentuk naratif.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang
relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan
atau rekaman percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog
berbentuk banner, poster atau pamplet
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon wacana monolog naratif
Melakukan monolog berbentuk naratif
|
Tes
Tulis
Unjuk
Kerja
|
Pilihan
Ganda
Presentasi
Lisan
|
Listen
to the monolog and choose the best answer
Describe
the general facts of the following animal.
|
II. Instrumen Penilaian
Task 1
Listen to the
monolog and choose the best answer
Listening text for number 1 to 5
1. What is the text about?
a. Shark d. Whale
b. Dholphin e. Pirranha
c. Fish
2. What does the text intend to?
a. to describe d. to persuade
b. to entertain e. to review
c. to amuse
3. What is the largest creature lived on
earth ?
It is .... .
a.
an elephant c. blue whale e.
giraffe
b.
a rhinoceroses d. shark
4. What is blubber ?
Blubber is .... .
a.
the hole on the head d.
the fins of the fish
b.
the paddle of the tails e.
the layer of fats
c.
the skin of the fish
5. Where is the nostril to spray the sea
water ?
a.
in the fin d. on top of broad head
b.
in the tail e. in the skin
c.
in the paddle
Listening text for number 6 and 10
6.
The second paragraph tells us about the .....of black bears.
a.
size d. definition
b.
height e. description
c.
length
7.
Which one of the following statement is true?
a.
In
the western most of these bears have shiny black fur
b.
in
the east they grow brown, red or even yellow coats
c.
Black
bears are the biggest of all American bears
d.
Their
eyes and ears are big
e.
their
eyesight and hearing are not as good as their sense of smell
8. In the condition of being scared, black bears
can make their enemy feel .... and lose confidence.
a.
wild d. dangerous
b.
crazy e. intimidated
c.
rude
9. What is the aim of the text?
a. to describe d. to persuade
b. to entertain e. to review
c. to amuse
10. Are all American
Black Bears black?
a. Yes, They are d. Yes, they do
b. No, they aren’t e. No, they don’t
c. Not clear
Text script.
Text 1
Whales are sea-living mammals.
They
therefore breathe air but cannot survive on land. Some species are very large
indeed and the blue whale, which can exceed 30 m in length, is the large animal
to have live on earth. Superficially, the whale looks rather like a fish, but
there are important differences in its external structure; its tail consists of
a pair of broad, flat horizontal paddles ( the tail of a fish is vertical) and
it has a single nostril on top of its large, broad head. The skin is smooth and
shinny and beneath it lies a layer of fat (blubber). This is up to 30 cm in
thickness and serves to conserve heat and body fluids.
Text 2
American black bears
appear in a variety of colours despite their name. In the eastern part of their
range, most of these bears have shiny black fur, but in the west they grow
brown, red or even yellow coats. To the north, the black bear is actually gray
or white in colour. Even in the same littler, both brown and black furred bears
may be born.
Black bears are the smallest of all
American bears, ranging in length from five to six feet, weighing from three
hundred to five hundred pounds. Their eyes and ears are small and their
eyesight and hearing are not as good as their sense of smell.
Like all bears, the
black bear is timid, clumsy and rarely dangerous, but if attacked, most can
climb trees and cover ground at great speeds. When angry or frightened, it is a
formidable enemy.
Activity 2
Find and object about animals,
plants, or others. It must be a representative of their class. Make a report
about it.
III. Pedoman Penilaian
a. Untuk nomor 1, tiap jawaban benar diberi skor 5
b. Untuk nomor 2, mengikuti rubrik penilaian berikut ini:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah
retorika dan tata bahasa kurang tepat
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
|
81
– 100
61
- 80
0 - 60
|
Jumlah skor maksimal 1. 10 X 5 = 50
2.
Jika skor maksimal diraih = 50
Jumlah = 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar