Total Tayangan Halaman

Rabu, 06 Agustus 2014

RPP B.Inggris kelas X semester 1 ( narrative 2)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                   :    
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     X / 1
Alokasi Waktu                   :     8 x 45 menit ( 4x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Narrative
Pertemuan Ke                   :

A.      Standar Kompetensi
         Membaca
5                Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
         Berbicara
6.               Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
5.2              Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
6.2              Mengung-kapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  • Merespon teks monolog sederhana  berbentuk narrative
  • Melakukan  teks monolog lisan berbentuk narrative
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri


Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·         Siswa dapat merespon teks monolog sederhana  berbentuk narrative
·         Siswa dapat melakukan  teks monolog lisan berbentuk narrative

E.      Materi Pokok
teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk narrative,contohnya,

Queen Aji Bidara Putih

Muara Kaman lies along the Mahakam River, in eastern Borneo. In the past the area was a kingdom ruled by Queen Aji Bidara Putih. She was a typical queen of myths: beautiful, wise, and sensitive. Many princes and kings proposed to her but she always refused them because she was more concerned with ruling her country and guarding her people.
One day, a Chinese boat came to eastern Borneo. First, the people thought it was a merchant ship but the boat was loaded with trade goods and highly trained soldiers. Their envoys brought gold and porcelain to announce the marriage proposal from a prince of China. The queen didn’t refuse instantly and replied that she had to ponder the proposal first. After the envoys left the palace, the queen called a court officer and ordered him to infiltrate the Chinese boat to gather information on the prince…...
Adapted from: www.st.rim.or.jp


Narrative dapat dijelaskan sebagai berikut:

a.    Purpose

To amuse, entertain, and to deal with actual or vicarious experiences in different ways. (Untuk menghibur pembaca melalui cerita).

b.    Generic structure.

1)    Orientation: Sets the scene and introduces the participants. (Memperkenalkan tokoh dan setting)
2)    Complication : A crisis arises (Munculnya masalah).
3)    Resolution : the crisis is resolved (Terselesainya masalah).
4)    Evaluation : A stepping back to evaluate the plight. (Melangkah ke belakang untuk memikirkan nilai / makna sebuah peristiwa, bisa ada dan tidak)
5)    Reorientation : Optional (Bisa a )


F.      Metode Pembelajaran/Teknik:

Three – phase technique

·                      Pre listening
·                      Whilst listening
·                      Post Listening


G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
-       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
-       Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
-       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
-       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
-       Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi monolog berbentuk naratif.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk naratif
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai monolog berbentuk naratif
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk naratif.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat monolog berbentuk naratif.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi monolog berbentuk naratif
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai monolog berbentuk naratif
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi monolog berbentuk naratif.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
§  Buku teks yang relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§  Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
§  Gambar yang relevan
§  Script monolog berbentuk banner, poster atau pamplet


I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.




2.



Merespon wacana monolog naratif


Melakukan monolog berbentuk  naratif

Tes Tulis




Unjuk Kerja



Pilihan Ganda




Presentasi Lisan
Listen to the monolog and choose the best answer

Describe the general facts of the following animal.



II. Instrumen  Penilaian


Task 1
Listen to the monolog and choose the best answer
Listening text for number 1 to 5
1. What is the text about?
a. Shark                    d. Whale
b. Dholphin    e. Pirranha
c. Fish
2. What does the text intend to?
a. to describe d. to persuade
b. to entertain            e. to review
c. to amuse
3. What is the largest creature lived on earth ?
      It is ....   .
a.       an elephant                   c.  blue whale    e. giraffe
b.       a rhinoceroses   d.  shark

4. What is blubber ?
      Blubber is ....  .
a.       the hole on the head                   d. the fins of the fish
b.       the paddle of the tails                 e. the layer of fats         
c.        the skin of the fish

5. Where is the nostril to spray the sea water ?
a.   in the fin                                       d.  on top of broad head
b.   in the tail                                      e.  in the skin
c.    in the paddle


Listening text for number 6 and 10
6. The second paragraph tells us about the .....of black bears.
a.     size                               d.  definition
b.     height                           e.  description
c.     length
7. Which one of the following statement is true?
a.     In the western most of these bears have shiny black fur
b.     in the east they grow brown, red or even yellow coats
c.     Black bears are the biggest of all American bears
d.     Their eyes and ears are big
e.     their eyesight and hearing are not as good as their sense of smell
8.  In the condition of being scared, black bears can make their enemy feel .... and lose confidence.
a.     wild                              d.  dangerous
b.     crazy                            e.  intimidated
c.     rude 
9. What is the aim of the text?
a. to describe             d. to persuade
b. to entertain                        e. to review
c. to amuse
10. Are all American Black Bears black?
a. Yes, They are                    d. Yes, they do
b. No, they aren’t                   e. No, they don’t
c. Not clear

Text script.
Text 1

Whales are sea-living mammals.

            They therefore breathe air but cannot survive on land. Some species are very large indeed and the blue whale, which can exceed 30 m in length, is the large animal to have live on earth. Superficially, the whale looks rather like a fish, but there are important differences in its external structure; its tail consists of a pair of broad, flat horizontal paddles ( the tail of a fish is vertical) and it has a single nostril on top of its large, broad head. The skin is smooth and shinny and beneath it lies a layer of fat (blubber). This is up to 30 cm in thickness and serves to conserve heat and body fluids.

Text 2
American black bears appear in a variety of colours despite their name. In the eastern part of their range, most of these bears have shiny black fur, but in the west they grow brown, red or even yellow coats. To the north, the black bear is actually gray or white in colour. Even in the same littler, both brown and black furred bears may be born.
            Black bears are the smallest of all American bears, ranging in length from five to six feet, weighing from three hundred to five hundred pounds. Their eyes and ears are small and their eyesight and hearing are not as good as their sense of smell.
Like all bears, the black bear is timid, clumsy and rarely dangerous, but if attacked, most can climb trees and cover ground at great speeds. When angry or frightened, it is a formidable enemy.

Activity 2
            Find and object about animals, plants, or others. It must be a representative of their class. Make a report about it.

III.  Pedoman Penilaian    

a. Untuk nomor   1, tiap jawaban benar diberi skor 5
            b. Untuk nomor   2, mengikuti rubrik penilaian berikut ini:


No.

Uraian
Skor

1.
2.
3.

Isi, langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah retorika dan tata  bahasa kurang tepat
Isi, langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat

81 – 100
61 - 80
0  -  60

         
  Jumlah skor maksimal   1. 10 X 5                                                 =   50
                                         2. Jika  skor maksimal diraih     =   50
                                                               Jumlah              = 100

Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,





sumber:
https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar