Total Tayangan Halaman

40070

Selasa, 05 Agustus 2014

RPP kelas X semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMA                                                            
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : X/1
Materi Pokok             : Teks Lisan dan Tulis dari teks Recount
Alokasi Waktu           :2 pertemuan (4 JP)


KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan
dapat mempelajari  bahasa
Inggris  sebagai bahasa
pengantar  komunikasi
internasional  yang
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1    Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar Bahasa Inggris
2.



2.2



Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.2.2    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
3.
3.11





Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11.1 Mengidentifikasi fungsi sosial teks       
3.11.2  Mengidentifikasi struktur teks
3.11.3  Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
4.
4.13



4.14
 Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan, kejadian, dan peristiwa.
Menyusun teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.13.1  Mengidentifikasi makna teks recont secara lisan dan tertulis

4.14.2 Menanyakan tujuan struktur dan kebahasaan (past tense atau present tense, kalimat langsung kalimat tidak langsung)

C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)             Mengidentifikasi fungsi sosial teks  berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)             Mengidentifikasi strutur teks berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)             Menguraikan kejadian/peristiwa yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
4)             Mengungkapkan  perasaan dalam past tense atau present tense yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
5)             mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
6)             mengidentifikasi Adverbia penghubung waktu yang terdapat dalam teks secara berkelompok;

Pertemuan Kedua
1)             menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris;
2)             bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok;
3)             mengakui ketika membuat kesalahan;
4)             tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri;
5)             melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
6)             membaca berbagai macam teks recount berbentuk cerita rakyat pendek dan sederhana;
7)             Siswa mampu meunjukan struktur teks dalam teks recount Membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming);
8)             Dengan pertanyaan pengarah dari guru siswa terpancing untuk mempertanyakan tujuan struktur dan kebahasaan (past tense atau present tense, kalimat langsung tak langsung);
9)             Mempertanyakn car menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks recount;


D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial         :    Menghibur dan mengajarkan nilai-nilai luhur melalui teks recount
Struktur Teks       :   
Ø  Orientasi: Menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya
Ø  Events    : even yang sedang terjadi
Ø  Re-orientation : krisi berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh

Unsur Kebahasaan: 
·         Deskripsi orang, benda, dan uraian kejadian atau peristiwa, dan ungkapan perasaan, dalam past tense atau present tense
·         Kalimat langsung dan tidak langsung
·         Adverbia penghubung waktu
·         Adverbia dan frasa preposisional penunjuk waktu
·         Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
·         Kucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Topik: Teks Lisan dan Tulis dari teks Recount


Pertemuan Kedua

Fungsi Sosial         :    Menghibur dan mengajarkan nilai-nilai luhur melalui teks recount
Struktur Teks       :   
Ø  Orientasi: Menyebutkan tempat dan waktu dan memperkenalkan tokoh-tokohnya
Ø  Events    : even yang sedang terjadi
Ø  Re-orientation : krisi berakhir secara baik atau tidak baik bagi tokoh

Unsur Kebahasaan:
·         Deskripsi orang, benda, dan uraian kejadian atau peristiwa, dan ungkapan perasaan, dalam past tense atau present tense
·         Kalimat langsung dan tidak langsung
·         Adverbia penghubung waktu
·         Adverbia dan frasa preposisional penunjuk waktu
·         Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
·         Kucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

Topik: Teks Lisan dan Tulis dari teks Recount

E.       Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
Siswa diberikan teks recount
2.         Alat
Kertas HVS, spidol hitam
3.         Sumber Pembelajaran
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Inggris, When English rings the bell. Jakarta: Politeknik Negri Media Kreatif. Hal. 125.
b.      Board of Studies New South Wales. 1998. English K-6 Modules. Sydney: Board ofStudies NSW. Hal. 85.
c.       Amos E., Prescher E., & Raby J.1998. Winner Student Book 1. Jakarta: Pearson Education Asia Pte Ltd. 69.
d.      Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar sekolah


G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
                                                                                                                              
Pertemuan Kesatu
Pendahuluan  (10 menit)
Tahap
Kegiatan

Salam tegur sapa

-    Apersepsi dan motivasi
-    Menyampaikan tujuan pembelajaran
-    Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
Inti (60 menit)
Observing




Questioning


Exploring






Associating



-          Siswa membaca teks recount, lisan dan tulis, berbentuk cerita rakyat, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.(T1)

-           Siswa memperhatikan fungsi sosial teks recount.(T2)

-          Siswa memperhatikan struktur teks dalam teks recount (T3)

-          Siswa mengidentifikasi unsur kebahasaan berupa adverbial penghubung waktu yang terdapat dalam teks recount (T4)

-          Secara berkelompok siswa membaca teks recount dan mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah di sediakan.(T5)
Penutup (10 menit)
Kesimpulan kegiatan
-          Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-          Refleksi
-          Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-          Penugasan: berlatih membuat text
-          Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang
-          Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan





Pertemuan Kedua
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-          Apersepsi dan motivasi
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran
-          Menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti (60 menit)
Networking





Creating
-          Siswa membaca teks recount pendek (T6)
-          Setelah membaca text recount pendek siswa mengklasifi isi dari teks recoun dalam task 6 (T7)

-          Siswa membuat teks pendek dalam bentuk teks recount secara kelompok (T8)
-          Siswa membuat text recount secara individu (TASK 9)
Penutup (10 menit)
Kesimpulan kegiatan
-          Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-          Refleksi
-          Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
-          Penugasan: berlatih membuat kliping dari berbagai sumber
-          Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang
-          Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan


H.      Penilaian
1.        Sikap spiritual
a.       Teknik Penilaian               : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen            : Learning log
c.       Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.      Instrumen: lihat Lampiran ...
e.       Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1.
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “Study” dan “Smile
5
2.
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “Study” dan “Smile
4
3.
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “Study” dan “Smile
3
4.
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “Study” dan “Smile
2
5.
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “Study” dan “Smile
1

f.       Pedoman Penskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.        Sikap sosial
a.       Teknik Penilaian               : Penilaian sejawat (antar teman)
b.      Bentuk Instrumen            : Lembar Selt Assessment
c.       Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Memberikan penilaian terhadap dirisendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.      Instrumen: lihat Lampiran ...
e.       Rubrik Penilaian Sikap Sosial
            Keterangan:
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-
Always
= 2

Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRsnAnrbfL8qQYbMrLGbOiPKsNdqX3pdmKqbvFYdgD8LvvJNV2xk_o2WBU
Often
= 1
Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTI0iz8sD0Hle3F-mq-JG_u2kWLuVeZY91i4KjEoZ8gnnOmiUhdIiI0VRyi
Seldom
= 0,5

Contoh: Mencentang   Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-  untuk seluruh pernyataan.
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-
Bila mencentang
= 2 + 2 + 2 = Skor 6

Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRsnAnrbfL8qQYbMrLGbOiPKsNdqX3pdmKqbvFYdgD8LvvJNV2xk_o2WBU
Bila mencentang
= 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.

Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSSDc0at2xNlTDHYJQbpl67Atx_IvCJ2-KzycG_3F94Gh0hA2ymXsMaEAH-Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRsnAnrbfL8qQYbMrLGbOiPKsNdqX3pdmKqbvFYdgD8LvvJNV2xk_o2WBUDescription: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTI0iz8sD0Hle3F-mq-JG_u2kWLuVeZY91i4KjEoZ8gnnOmiUhdIiI0VRyi
= 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5

f.       Pedoman Penskoran

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


3. Pengetahuan
a. Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
b. Bentuk Instrumen       : Pilihan Ganda
c. Kisi-kisi                       :
No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikan teks bergambar tentang sifat atau ciri fisik suatu benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar..
Soal No. 1

  1.  
Disajikan teks bergambar tentang sifat atau ciri fisik suatu benda, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan kata sifatnya dengan tepat
Soal No. 3

  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung sifat atau ciri fisik benda tertentu, siswa dapat menentukan gambarnya dengan tepat.
Soal No. 4

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan kegiatan apa yang dilakukan pada gambar tersebut.
Soal No. 5

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat memilih jawaban yang tepat sesuai gambar.
Soal No. 6

  1.  
Disajikan sebuah pertanyaan ,siswa dapat menentukan gambar kejadian dengan tepat.
Soal No. 7

  1.  
Disajikan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan sifat benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang dideskripsikan dengan tepat.
Soal No. 8

  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan sifat benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang diceritakan dengan tepat.
Soal No. 9

  1.  
Diperdengarkan sebuah teks sederhana tentang menyatakan dan menanyakan sifat benda serta 4 (empat) buah gambar, siswa dapat menentukan salah satu gambar yang diceritakan dengan tepat.
Soal No. 10

Instrumen: lihat Lampiran ...

g.      Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


4.      Keterampilan
a.         Teknik Penilaian       : Unjuk Kerja
b.         Bentuk Instrumen     : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan berbicara
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis

        1.             
Disajikan sebuah jawaban surat tentang hewan peliharaan, siswa dapat menuliskan surat singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 1
        2.             
Disajikan sebuah jawaban surat tentang cerita naratif fabel, siswa dapat menuliskan surat singkat pertanyaannya dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 2
        3.             
Disajikan sebuah gambar kejadian, siswa dapat menceritakan gambar menggunakan kalimat past tense dengan tepat.
Soal No. 3
        4.             
Di sajikan sebuah teks cerita naratif, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dengan tepat.
Soal No. 4
        5.             
Disajikan sebuah gambar kejadian, siswa dapat menceritakan gambar menggunakan kalimat past tense dengan tepat.
Soal No. 5
        6.             
Disajikan sebuah perintah, siswa dapat menyatakan dan menanyakan cerita yang di baca oleh teman dalam bahasa Inggris dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No.A 1
        7.             
Disajikan sebuah perintah, siswa dapat menyatakan cerita naratif fabel kepada temannya dalam bahasa Inggris dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No.A 2
        8.             
Siswa dapat menyatakan cerita naratif yang telah di baca.
Soal No.A 3
        9.             
Siswa dapat menuliskan cerita fabeldalam bentuk teks sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima
Soal No.B

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...
e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No.1 dan 2)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1










f.       Pedoman Penskoran

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.        Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan ( soal No. 8 – 10.)

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


h.      Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.
ASPEK
KETERANGAN
SKOR



Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

i.        Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


j.        Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1

k.      Pedoman Peskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1





..............., .......................... 20... 
Mengetahui                                                                
Dosen Pembimbing                                                                 Mahasiswa






Dewi Kencanawati, M.Pd                                                      Ferry Tarida                           
NIP. 0707097102                                                                   NIP. 11.1.01.08.0078




Tidak ada komentar:

Posting Komentar