Total Tayangan Halaman

40070

Selasa, 05 Agustus 2014

RPP kelas IX semester 1 teks transaksional



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Binangun
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
IX / Gasal
Standar Kompetensi
:
1. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan  interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar
:
1.1.Merespon makna dalam perckapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta

Jenis Teks
:
Text Transaksional
Aspek/Skill
:
Mendengar
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran peserta didik dapat: merespon percakapan  pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan.

B.     Materi Pembelajaran
Teacher read a text about how to response a question about certainty and uncertainty.
  1. Anna is talking to her brother, Andy about the weather.
Anna     : It is cloudy. Are you sure you will go out ?
Andy     : Why not. It’s Saturday night.
Anna     : It’s going to rain.
Andy     : I’m not sure. There are stars on the sky.
  1. Anna is going to her grandfather’s house . She is riding her motorcycle with her brother.
Anna     : Are you sure it’s the way to our grandfather’s house?
Andy     : Certainly. This way!

C.     Metode / Teknik : TPR

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
  1. Kegiatan awal:
- Greetings
- Calling the roll
- Pre test

  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Memperhatikan dan mendengarkan contoh ungkapan untuk
meminta dan memberi kepastian dalam percakapan transaksional dan interpersonal

Elaborasi
- Menirukan ucapan guru dengan intonasi dan lafal yang benar
dari ungkapan untuk    meminta dan memberi kepastian.

Konfirmasi
- Menemukan makna dan fungsi ungkapan meminta dan memberi kepastian.
3.   Kegiatan Akhir
-   Guru menanyakan kesan peserta didik untuk memberikan feed-back, berupa kesulitan apa yang dihadapi, kesan     terhadap pelajaran yang baru saja dijalani
-   Membuat rangkuman
-   Memberikan post test, penugasan di rumah mendengarkan teks serupa di radio atau televisi.

E.     Sumber Belajar
-       Buku teks yang relevan
-       Teks buatan guru.

F.      Penilaian
a.Teknik                        : Tes lisan.
b. Prosedur        : Selama proses (butir tes sekaligus juga student’s worksheet).
c. Bentuk          : Percakaan sederhana tentang menanyakan kepastian dan ketidakpastian

Indikator
:
Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan untuk meminta dan memberi kepastian dalam percakapan transaksional dan interpersonal

d. Instrumen      :
1.  Anna is talking to her brother, Andy about the weather.
Anna      : It is cloudy. Are you sure you will go out ?
Andy      :  Absolutely. It’s Saturday night.
Anna      : It’s going to rain.
Andy      : I’m not certain. There are stars on the sky.

2. Anna is going to her grandfather’s house .
She is riding her motorcycle with her brother.
Anna      : Are you sure it’s the way to our grandfather’s house?
Andy      : Sure. This way!
e. Rubrik Penilaian :


Kriteria

Jika ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
Nilai
100
90
80
70

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Binangun                                   Guru Mata Pelajaran


SUHARSONO, S.Pd.                                                 SUPANDI, S.Pd, MM.
NIP. 196507071989021003                                        NIP. 196508101993021004

2. Contoh Materi Short Functional Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KD 2.1

SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Binangun
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
IX / Gasal
Tahun Pelajaran
:
2010 / 2011
Standar Kompetensi
:
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog  pendek sederhana berbentukprosedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari hari .

Kompetensi Dasar
:
2.1  Merespon makna  yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari hari .



Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa pesan singkat, iklan ,pengumuman.

Jenis Teks
:
Fungsional pendek
Aspek/Skill
:
Mendengarkan
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit

A.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pada akhir pelajaran peserta didik dapat:
  1. Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek
  2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional

B. Materi  Pembelajaran
  1. Teks fungsional pendek ( pesan singkat), (iklan), ( pengumuman)
  2. Kosakata yang terkait dengan tema / jenis teks, misal : name, with , to, etc
  3. Verbs: come, do, go,etc.
  4. Auxiliary verbs: is, am , are, could, would, will, may
  5. To do: do, does, did
  6. Personal pronoun : I, You, They,He,She,It,We
  7. Tenses: simple present tense
B.     Metode / Teknik : Three – phase technique
  • Pre listening
  • Whilst listening
  • Post Listening

C.     Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
  1. Kegiatan awal:
Checking attendance
- Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan teks fungsional

  1. Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema/ topik tertentu.

Elaborasi
- Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.

Konfirmasi
- Menjawab pertanyaaan tentang isi percakapan.

3.   Kegiatan Akhir
- Menanyakan kesulitan peserta didik selama PBM
- Menyimpulkan materi pembelajaran.
- Menugaskan peserta didik untuk membuat salah satu bentuk teks fungsinal pendek , dalam bentuk tulis (written)

D.     Sumber Belajar
  1. Let’s talk, Pakar raya, 2005,halaman 147
  2. Latihan soal –soal / kumpulan soal- soal
  3. Rekaman kaset

E.     Penilaian
  1. Teknik                              :            Tes tulis.
  2. Bentuk                              :            Isian singkat / Uraian

Indikator
:
Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek berupa  pesan singkat  , iklan dan pengumuman

  1. Instrumen                         :

I.       Listen to the teacher and compelete the sentences ( pesan singkat  )


  1. Who is short message for ?
  2. What does short message content?

II. Listen to the teachers and anwer the questions ( iklan)
  1. Is the type of the text an advertisement or a letter ?
  2. Children, play ground, tennis court,billiards. The Lake’s hotel………..
  3. Does Lake’s hotel have a large park ?

III.Listen to the cassete or your teacher and answer the questions ( pengumuman )
  1. What is the  announcement for ?
  2. Why do they have  be there ?
  3. Who give the annuoncement?
  4. What’s the text about ?
  5. What does the word ” chaiman”  mean ?

  1.  
    1. Pedoman penilaian
1.   Untuk nomor 1tiap jawaban skor 3
2.   Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 3
3.   Untuk nomor III, tiap jawaba benar skor 2
4.   Jumlah skor maksimal  I.2X 3 = 6
II. 3 X 3 = 9
III. 5 X2=10
Jumlah 25

X 10
5.Nilai maksimal =10

6.Nilai Peserta didik : skor penilaian
Skor Maksimal
Rubrik penilaian:

No
Uraian
Skor
I

II
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar tata bahasa kuranr tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0
III
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
2
1
0

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Binangun                                   Guru Mata Pelajaran



Sumber: smpnbantarujeg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar