Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Procedure
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
2.
Memahami makna teks
fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
2.2 Merespon makna dalam
teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks:
recount, narrative, dan procedure.
4.2 Mengung-kapkan makna
dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§ Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
§ Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
§
Mempresentasikan teks
monolog lisan berbentuk procedure
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
·
Siswa
dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
·
Siswa
mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
E. Materi Pokok
1. Teks monolog berbentuk
procedure, contohnya:
How to Make Gudeg Jogja
(Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green
jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g)
coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g) cumin
- 1/4 cup (62ml) coconut
sugar
- 2 cups (500ml) coconut milk
- 2 tsp. (30g) tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken
(cut into small pieces with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised
galangal
Instructions:
- First, cut green jack
fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.
- Next, ground onions,
candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken pieces,
stir fry until chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of
water and coconut sugar, bring to a boil.
- Add the green jack
fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut
milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve hot with ice.
- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker
2. Procedure text can be
explained as bellow:
Social
function : to describe how something is accomplished
through
a sequence of
actions or steps.
Generic
structure:
- Goal.
- Materials (not required
for all procedural texts)
- Steps (a series of steps oriented to achieving
the goal)
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan teks
monolog sederhana berbentuk procedure.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab tentang
isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau
didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
§
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
3
|
Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure.
Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
Presentasi
individual
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Give
your responses orally based on the situations below!
Listen
carefully and then identify the goal, mate-rials needed and steps
|
II. Instrumen Penilaian
Your
teacher will read the following text. Listen carefully and then identify
the goal, materials needed and
steps.
How to Make an
Omelet
Hello
friend, how are you? Have you ever eaten a cheese omelet? Do you know how to
make a Cheese Omelet? No? Would you like me to tell it for you? Okay. This is
the way. Listen to me.
To make a Cheese Omelet, you should
prepare ingredients such as one egg, 50 grams of cheese, uhm... ¼ cup of milk, three tablespoons of cooking
oil, uhm...what else ....? Oh, yeah, a pinch of salt and don’t forget some
pepper. Now, to make a Cheese Omelet, you will need some kitchen utensils like
a frying pan, a fork, a whisk, a spatula, uhm..... a cheese grater ...and a
bowl and of course ....a plate. Okay? Are you following me ? Right! Let me tell
you how to make it.
First, crack an egg into a bowl like
this. Then whisk the egg with a fork until it is smooth. After that, add some
milk and whisk well. Grate the cheese into the bowl and stir. Next, heat the
oil in a frying pan, and pour the mixture into the frying pan. Then, turn the
omelet with a spatula when it browns. See, like this. Okay, next cook both
sides. After the omelet is done, place it on a plate, don’t forget to season it
with salt and pepper and you can eat it while warm. It’s easy, isn’t it? Bon
appetite!
Find
out:
a.
What
is the text talking about?
b.
What
is the purpose of the text?
c.
How
many steps are there in the text?
Please
represent in front of the class how to make or to do something!
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||||||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||||||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
||||
2
|
Intonation
|
|
|
|
||||
3
|
Stress
|
|
|
|
||||
4
|
Gestures
|
|
|
|
||||
|
Total
|
|
|
|
||||
|
Total
Score
|
|
|
|
||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
sumber :
https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar