Total Tayangan Halaman

40070

Selasa, 05 Agustus 2014

RPP kelas XI semester 2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMP                                                             
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : XI/2 (Dua)
Materi Pokok            : Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis tentang benda,binatang, dan gejala/peristiwa alam.
Alokasi Waktu           : 2 pertemuan (2 JP)


KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara  mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
A.      Kompetensi Inti

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

NO

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1

Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1
Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan             dapat belajar bahasa Inggris
2
2.2
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional    
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam  RRP ini)

2.2.1
Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok

2.2.2
Mengakui ketika membuat kesalahan

2.2.3
Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri

2.2.4
Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain

3
3.9
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report ) dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.

3.9.1
Menentukan tujuan  komunikatif teks

3.9.2
Mengidentifikasi struktur teks

3.9.3
Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks

4
4.13
Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XI.

4.13.1
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan akurat, lancar             dan berterima

4.13.2
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan akurat, lancar             dan berterima

4.13.3
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.14.4
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima



C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)             Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)             Mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)             Siswa dapat mengidentifikasi bagian masing-masing dari kalimat. (S+V+O).
4)             Memperhatikan dan menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan benar

Pertemuan Kedua
1)        Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar           bahasa Inggris;
2)             Disiplin dalam menaati peraturan di kelas;
3)             Tidak pernah membuat gaduh di kelas;
4)             Tidak pernah terlambat datang ke sekolah;
5)             melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain;
6)             menanyakan sifat dan    ciri fisik benda secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima dalam bentuk poster hasil kegiatan neighborhood walk;

7)             menyatakan sifat dan    ciri fisik benda secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima dalam bentuk poster hasil kegiatan neighborhood walk;
8)             menanyakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima berdasarkan poster hasil kegiatan neighborhood walk;
9)             menyatakan sifat dan    ciri fisik benda secara lisan dengan akurat,    lancar   dan berterima hasil kegiatan neighborhood walk.

D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial              :
·         Mengamati alam
·         Menulis paparanilmiah mengenai benda, binatang, dan gejala/peristiwa alam.
Struktur Teks       :   
a.       Klasifikasi  Umum tentang binatang/ benda yang ditulis,
b.      Penggambaran mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya

Unsur Kebahasaan: 
1.      simple present
2.      Kata kerja yang menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam
3.      Kata sifat
4.      Berbagai kata benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
5.      ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
6.      Rujukan kata

Topik : Benda,binatang dan gejala/peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.

Pertemuan Kedua

Fungsi Sosial              :
·         Mengamati alam
·         Menulis paparanilmiah mengenai benda, binatang, dan gejala/peristiwa alam.
Struktur Teks       :   
c.       Klasifikasi  Umum tentang binatang/ benda yang ditulis,
d.      Penggambaran mengenai bagian, sifat dan tingkah lakunya

Unsur Kebahasaan: 
1.      simple present
2.      Kata kerja yang menggambarkan binatang/ benda/ gejala alam
3.      Kata sifat
4.      Berbagai kata benda terkait dengan benda/ binatang/ gejala alam yang diamati
5.      ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
6.      Rujukan kata

Topik : Benda,binatang dan gejala/peristiwa alam dan sosial terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX.


E.       Metode Pembelajaran

1.         Scientific Approach

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media
Peragaan dalam bentuk rekaman CD/VCD/DVD/kaset
2.         Alat
Alat tulis, buku tulis, dan kamus.
3.         Sumber Pembelajaran
a.       Buku Teks wajib
b.      Keteladanan ucapan dan tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal dengan benar dan akurat
c.       Contoh peragaan dalam bentuk rekaman CD / VCD / DVD / kaset
d.      Contoh interaksi tertulis
e.       Contoh teks tertulis
f.       www.dailyenglish.com

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

Pertemuan ke 1

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Deskripsi Kegiatan
Salam, tegur, sapa

-    Apersepsi dan motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan

Kegiatan Inti (60 menit)
Observing

















Questioning 








Associating






Experimenting

-          Siswa mendengarkan / menonton berbagai macam teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX. (Task 1)
-          Siswa membaca berbagai macam teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX. (Task 2)
-          Siswa Memperhatikan fungsi sosial; struktur teks; unsur kebahasaan, maupun format penyampaian / penulisan teks ilmiah faktual. (Task 3)
-          Siswa Memperhatikan fungsi sosial; struktur teks; unsur kebahasaan, maupun format penyampaian / penulisan teks ilmiah faktual (Task 4)
-          Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan makna. (Task 5)

-          Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
a.    Fungsi sosial
b.    Struktur teks
c.    Penggunaan unsur kebahasaan (present tense dan passive, rujukan kata) (Task 6)
-          Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks ilmiah faktual. (Task 7)

-          Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks factual report yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, stuktur, dan unsur kebahasaan. (Task 8)
-          Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

-          Siswa membaca / mendengarkan beberapa teks factual report dari berbagai sumber tentang flora atau fauna. (Task 9)
-          Siswa membacakan teks factual report kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat. (Task 10)
-          Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks factual report. (Task 11)
-          Siswa secara berkelompok menuliskan teks factual report tentang flora atau fauna, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebangsaan. (Task 12)

Penutup (10 menit)
Refleksi, umpan balik, informasi, dan salam
-          Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
-          Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-          Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang ciri ciri flora atau fauna
-          Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.


Pertemuan Kedua

Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Deskripsi Kegiatan
Salam, tegur, sapa
-    Apersepsi dan motivasi
-    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
-    Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti (60 menit)
Networking



Creating






-          Siswa mempresentasikan tulisannya yang didalamnya menggunakan informasi factual report. (Task 13)
-          Siswa membuat jurnal belajar ( learning journal). (Task 14)

-          Siswa merubah kalimat simple present tense positif menjadi kalimat negatif (Task 15)
-          Siswa menentukan kalimat benar dan kalimat salah tentang informasi faktual tentang fauna (Task 16)
-          Siswa menuliskan kata-kata rumpang dalam suatu paragraf dengan tepat (Task 17)
-          Siswa menuliskan paragraf sederhana yang didalamnya terdapat kalimat yang menyatakan informasi faktual tentang fauna (Task 18)
Penutup (10 menit)
Refleksi, umpan balik, informasi, dan salam
-       Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
-       Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-       Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
-       Peserta didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
-       Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.



H.      Penilaian
1.        Sikap spiritual

a.         Teknik Penilaian              : Tertulis
b.         Bentuk Instrumen           : Learning Journal
c.         Kisi-kisi                           :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Spiritual
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1

f.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


2.         Sikap sosial

a.         Teknik Penilaian       : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen    : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:
     = 2
always
     = 1
often
     = 0,5
                     seldom
Contoh: Mencentang      untuk seluruh pernyataan.         
                  = 2 + 2 + 2 = Skor 6
                     Bila mencentang:

                  = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
                     Bila mencentang:
     = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5

f.         Pedoman Penskoran



Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan

a.         Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen    : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                    :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Disajikan gambar fauna, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar
Soal No. 1
  1.  
Disajikan gambar fauna, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar
Soal No. 2
      3.             
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digaris bawahi, siswa dapat menentukan kata kerja dengan tepat
Soal No. 3
  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung bentuk simple present tense, siswa dapat menentukan gambar dengan tepat.
Soal No. 4
  1.  
Disajikan sebuah kalimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata kerja simple present tense yang tepat
Soal No. 5
      6.             
Disajikan sebuah percakapan, siswa menentukan true atau false soal yang diberikan sesuai dengan percakapan
Soal No. 6
      7.             
Disajikan sebuah paragraf yang dirumpang, siswa dapat mengisi kata yang rumpang dalam paragrap tersebut
Soal No. 7
      8.             
Disajikan kalimat yang masih berantakan, siswa dapat membentuk kata tersebut menjadi kalimat yang tepat
Soal No. 8
      9.             
Disajikan sebuah kalimat positif sederhana, siswa dapat merubah kalimat tersebut menjadi kalimat negatif
Soal No. 9
  10.             
Disajikan sebuah gambar fauna, siswa dapat menentukan kalimat mana yang sesuai dengan gambar
Soal No. 10

d.         Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian            : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen          : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan    berbicara
c.         Kisi-kisi:

No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis

  1.  
Disajikan sebuah gambar tentang fauna, siswa dapat menuliskan informasi nyata tentang fauna tersebut dengan akurat, runtut dan berterima.
Soal No. 1
  1.  
Disajikan beberapa informasi nyata tentang fauna, siswa dapat menuliskan jawaban dengan akurat, runtut, dan berterima.
Soal No. 2
  1.  
Disajikan sebuah gambar beserta informasi faktual tentang fauna, siswa dapat melengkapi informasi faktual dengan tepat.
Soal No. 3
  1.  
Disajikan 4 (empat) buah gambar tentang fauna, siswa dapat menuliskan informasi faktual tentang fauna dengan tepat
Soal No. 4
  1.  
Disajikan 4 (empat) buah gambar tentang fauna, siswa dapat menuliskan informasi faktual tentang fauna dengan tepat
Soal No. 5
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan kebenaran informasi tentang fauna dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A1
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan kebenaran informasi tentang fauna dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A2
  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan kebenaran informasi tentang fauna dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A3
  1.  
Siswa dapat menuliskan informasi factual tentang fauna dalam bentuk teks sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
Soal No. B
d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. B )



No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1

f.         Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.        Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

h.        Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.

Aspek
Keterangan
Skor




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

i.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

j.          Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat

1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1

k.        Pedoman Peskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1






...................., .............................. 20... 


Mengetahui                                                                

Kepala SMP...                                                             Mahasiswa






Dewi Kencanawati, M.Pd      __                                Ferry Tarida________
NIP 0707097102                                                        NPM 11.1.01.08.0078

Tidak ada komentar:

Posting Komentar