Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Making, accepting and declining an
invitation;
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
2.
Memahami makna teks
fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Merespon makna secara
akurat, lancar dan berterima dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Mengung-kapkan makna
dalam bentuk teks fungsional pendek
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan
menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§
Melakukan teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Mempresentasikan teks
lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§ Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
E. Materi Pokok
Making, accepting and declining an
invitation;
The
tone of an invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable
occasion. Picture your guests smiling when they read your letter of invitation.
Clever phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate for an informal
occasion, but you should express the details clearly. For further tips visit
to invite someone
www.write.express.com
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang pertanyaan pertanyaan teks lisan fungsional pendek
sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan pertanyaan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll
dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
3
|
Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
Presentasi
individual
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Give
your responses orally based on the situations below!
Listen
carefully and then identify the goal, mate-rials needed and steps
|
II. Instrumen Penilaian

questions.
1. What
kind of card is this?
2. Have
you ever been invited by someone?
3. What
do you say if you want to invite someone?
4. What
do you say if you want to accept an invitation?
5. What
do you say if you want to decline an invitation?
6. What
do you say when someone makes an appointment with you?
7. What
do you feel when someone cancels his/her appointment?
8. What will you say to him/her?
III. Pedoman Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah
retorika dan tata bahasa kurang tepat
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
|
81
– 100
61
- 80
0 - 60
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
sumber: https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar