Total Tayangan Halaman

Rabu, 06 Agustus 2014

RPP B.Inggris kelas X semester 1 (making, accepting and declining and invitation)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                   :    
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     X / 1
Alokasi Waktu                   :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Making, accepting and declining an invitation;
Pertemuan Ke                   :

A.      Standar Kompetensi
         Mendengarkan
2.                     Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.          
         Berbicara
4.               Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.      Kompetensi Dasar
2.1              Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.1              Mengung-kapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


D.      Tujuan Pembelajaran
                  Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
§  Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.

E.      Materi Pokok
Making, accepting and declining an invitation;

The tone of an invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable occasion. Picture your guests smiling when they read your letter of invitation. Clever phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate for an informal occasion, but you should express the details clearly. For further tips visit to  invite someone

www.write.express.com
F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang pertanyaan pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertanyaan pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§  Kegiatan Awal  (10’)
-      Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
-      Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
-      Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
-      Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
-      Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

§  Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.

Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
§  Buku Look Ahead 1  , English for Better Life
§  Buku Inter-Language Kelas X
§  Kaset/CD
§  Tape
§  Script dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.








2.








3
Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.

Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.


Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll
Performance Assessment (responding)






Tes Lisan








Tes Lisan

Melengkapi dialog







Membuat dialog







Presentasi individual
Complete the dialogue below using the suitable expression!





Give your responses orally based on the situations below!





Listen carefully and then identify the goal, mate-rials needed and steps



II. Instrumen  Penilaian


Look at the picture and study it. Then, answer the
questions.


1.   What kind of card is this?
2.   Have you ever been invited by someone?
3.   What do you say if you want to invite someone?
4.   What do you say if you want to accept an invitation?
5.   What do you say if you want to decline an invitation?
6.   What do you say when someone makes an appointment with you?
7.   What do you feel when someone cancels his/her appointment?
8.   What will you say to him/her?

III.  Pedoman Penilaian    


No.

Uraian
Skor

1.
2.
3.

Isi, langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah retorika dan tata  bahasa kurang tepat
Isi, langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat

81 – 100
61 - 80
0  -  60



Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,





sumber: https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar