Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Narrative
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
2. Memahami makna teks fungsional
pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan makna
dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
B. Kompetensi
Dasar
2.1.
Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari.
4.1 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
- Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyetujui ajakan/tawaran/undangan
- Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: menyetujui ajakan/tawaran/undangan
- Membuat dialog berisi tentang tindak tutur: menyetujui ajakan/tawaran/undangan.
E. Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan
yang memuat ungkapan–ungkapan berikut:
1.
Someone, Accepting or Declining Invitation.
Read following
expressions of inviting, accepting, declining an invitation and an appointment.
a. Formal Situation
Inviting
|
Accepting an
Invitation
|
Declining an
Invitation
|
§ Would you like to
....
§ I'd very much like
you to ....
§ We should be
pleased/delighted if you could ....
§ Would you care to
....
§
You will ... won't you?
|
§ That's very kind
of you.
§ We'd very much
like
§ to ....
§ What a delightful
idea.
§ With the greatest
§ pleasure.
§ Thank you very
much
§
for inviting me.
|
§ I'm very sorry, I
don'
§ think I can.
§ I'd like to, but
....
§ I'm afraid I've
§ already promised
....
§ Thank you for
asking me, but ....
§
Unfortunately, I can't…
|
b. Informal Situation
Inviting
|
Accepting an
Invitation
|
Declining an
Invitation
|
§ Why don't you come
to ....
§ Like to come to
....
§ Come and ....
§ Shall we come to
....
§ You must come to
....
|
§ I would/will ....
§ That would be very
nice
§ OK!
§ I'd like to love
to come.
§ All right (then).
|
§ Sorry, I can't.
§ I'd love to, but
....
§ I don't think I
can.
§ I wish I could,
but ...
|
Making an
Appointment
|
Cancelling an
Appointment
|
Accepting an
Appointment
|
§ How about tomorrow
morning?
§ Let's meet at ...
o'clock
|
§ I'll come I
promise
§ I'll be there.
|
§ Sorry, I don't
think I can make it.
§ I'm so sorry I
can't
make it.
|
Contoh:
Ira : Hello?
Ari : Hi, Ira! This is Ari.
Ira : Hi,
how've you been?
Ari : Alright, thanks. Say, would you like to go
out tonight?
Ira : Sorry,
I can't. I have many matters to settle down.
Ari : Well, how about tomorrow night? Are you still
busy?
Ira : I
guess not.
Ari : Well, would you like to go to a concert?
Ira : Sure,
I'd love to!
Ari : That's settled then
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar.
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Nonton film
§ Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi teks fungsional pendek.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks fungsional pendek.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai teks fungsional pendek.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai teks fungsional pendek.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat teks fungsional pendek.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks fungsional pendek.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai teks fungsional pendek
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks fungsional pendek.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang
relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan
atau rekaman percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog
berbentuk banner, poster atau pamplet
I. Penilaian
·
Teknik:
Performance Assesment
·
Bentuk: Responding
pada pertanyaan lisan, dialog
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar