Total Tayangan Halaman

Rabu, 06 Agustus 2014

RPP B.Inggris kelas X semester 1 (Narrative)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah                   :    
Mata Pelajaran                 :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                :     X / 1
Alokasi Waktu                   :     4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran         :     Narrative
Pertemuan Ke                   :

A.      Standar Kompetensi
         Mendengarkan
2.               Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  reports, narrative, dan analytical  exposition dalam konteks  kehidupan sehari-hari.          
         Berbicara
4.               Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

B.      Kompetensi Dasar
2.1.                 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.1              Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
  • Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyetujui ajakan/tawaran/undangan
  • Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: menyetujui ajakan/tawaran/undangan
  • Membuat dialog berisi tentang tindak tutur: menyetujui ajakan/tawaran/undangan.
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
    • Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: menyetujui ajakan/tawaran/undangan
    • Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: menyetujui ajakan/tawaran/undangan
    • Membuat dialog berisi tentang tindak tutur: menyetujui ajakan/tawaran/undangan.

E.      Materi Pokok
Percakapan/dialog dan  pernyataan yang memuat ungkapan–ungkapan berikut:

1.    Someone, Accepting or Declining Invitation.

Read following expressions of inviting, accepting, declining an invitation and an appointment.

a.    Formal Situation

Inviting
Accepting an Invitation
Declining an Invitation
§  Would you like to ....
§  I'd very much like you to ....
§  We should be pleased/delighted if you could ....
§  Would you care to ....
§  You will ... won't you?
§  That's very kind of you.
§  We'd very much like
§  to ....
§  What a delightful idea.
§  With the greatest
§  pleasure.
§  Thank you very much
§  for inviting me.
§  I'm very sorry, I don'
§  think I can.
§  I'd like to, but ....
§  I'm afraid I've
§  already promised ....
§  Thank you for asking me, but ....
§  Unfortunately, I can't…


b.    Informal Situation

Inviting
Accepting an Invitation
Declining an Invitation
§  Why don't you come to ....
§  Like to come to ....
§  Come and ....
§  Shall we come to ....
§  You must come to ....
§  I would/will ....
§  That would be very nice
§  OK!
§  I'd like to love to come.
§  All right (then).
§  Sorry, I can't.
§  I'd love to, but ....
§  I don't think I can.
§  I wish I could, but ...

Making an Appointment

Cancelling an Appointment
Accepting an Appointment
§  How about tomorrow morning?
§  Let's meet at ... o'clock
§  I'll come I promise
§  I'll be there.
§  Sorry, I don't think I can make it.
§  I'm so sorry I can't
make it.

Contoh:

Ira     :     Hello?
Ari     :     Hi, Ira! This is Ari.
Ira     :     Hi, how've you been?
Ari     :     Alright, thanks. Say, would you like to go out tonight?
Ira     :     Sorry, I can't. I have many matters to settle down.
Ari     :     Well, how about tomorrow night? Are you still busy?
Ira     :     I guess not.
Ari     :     Well, would you like to go to a concert?
Ira     :     Sure, I'd love to!
Ari     :     That's settled then

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:

Three – phase technique

·                      Pre listening
·                      Whilst listening
·                      Post Listening

G.      Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Nonton film
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§   
§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§   
§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi teks fungsional pendek.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks fungsional pendek.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks fungsional pendek.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks fungsional pendek.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat teks fungsional pendek.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks fungsional pendek.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai teks fungsional pendek
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks fungsional pendek.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.      Sumber/Bahan/Alat
§  Buku teks yang relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§  Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
§  Gambar yang relevan
§  Script monolog berbentuk banner, poster atau pamplet

I.       Penilaian

 

·         Teknik: Performance Assesment
·         Bentuk: Responding pada pertanyaan lisan, dialog



Mengetahui,
Kepala Sekolah,






, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,





sumber:
https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar