Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : recount
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Membaca
5. Memahami makna teks
tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses
ilmu pengetahuan .
Menulis
6 Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount,
narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
5.2 Merespon makna dan
langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks
berbentuk: recount,
narrative, dan procedure.
6.2 Mengung-kapkan makna
dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount,
narrative, dan procedure.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§ Mengidentifikasi makna dalam teks recount
§ Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount
§
Membaca nyaring teks recount
§
Menulis teks
berbentuk recount .
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk recount
·
Siswa
dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk recount
·
Siswa
mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk recount
E. Materi Pokok
Teks monolog
berbentuk recount contohnya:
My Day
I had a terrible day yesterday. First, I
woke up an hour late because my alarm clock didn't go off. Then, I was in such
a hurry that I burned my hand when I was making breakfast. After breakfast,
I got dressed so quickly that I forgot
to wear socks.
Next, I ran out of the house trying to get
the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn't
have enough money.
Finally, I walked the three miles to my
school only to discover that it was Sunday! I hope I never have a day as the
one I had yesterday.
Text
Structure of the text above:
Paragraph
|
Generic Structure
|
§ I had a terrible
day yesterday. First, I woke up an hour late because my alarm clock didn't go
off (paragraph 1)
§ Next, I ran out of
the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to
take a taxi, but I didn't have enough money (paragraph 2)
§
Finally, I walked the three miles to my school only to
discover that it was Sunday! I hope I never have a day as the one I had
yesterday (paragraph 3)
|
§ Orientation:
provides the setting and introduces participants.
§ Events: tell what
happened, in what sequence.
§
Re-orientation: optional closure of events.
|
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk recount.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan teks
monolog sederhana berbentuk recount.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks recount.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk recount.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk recount.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk recount.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk recount.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk recount.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk recount.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk recount.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk recount.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Membaca nyaring teks recount
Menulis teks berbentuk recount.
|
Tes
Lisan
Tes
Tulis
|
Melengkapi
dialog
Tugas
Individu
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Make
writing by completing the following procedure text
|
II. Instrumen Penilaian
Listen to the teacher reading the text, then
retell what is the content of the text.
An Excursion to
Bogor Botanic Garden
All right, everybody, I’ll tell you about
this great place.
On Friday 16 March we went to Bogor Botanic
Garden. We went there by bus and we arrived at that famous garden at 10
o’clock.
Arriving at the
garden, we were divided into two groups. Group A followed Mrs. Nina and Group B
followed Mr. Ahmad. I was in group A. Well, first we went to odd tropical
plants and Mrs. Nina read us some of the information. Then, we looked at all
the lovely plants. After that, we went to a little spot near the Raffles
cemetery and had morning tea. Next, we did some sketching and then we met group
B at the information center to have our lunch.
Soon, it was time for us to go to the orchid
section while Group B did some research on flowers. Uhm…A lady led us to the
orchid section. Then, she explained about many kinds of Orchids.
Next, we had a look at the Indonesian
orchid. Wow, we saw many kinds of Indonesian orchids. They were all
beautiful. Later, we took a look at the American, European and Asian orchid’s
section. I was interesting. Soon after we had finished our observations, we
went back outside and met group B. Then, we got on the bus and returned to
school. We really enjoyed the trip and to Bogor Botanic Garden.
|
Questions:
1.
What
do you know about an excursion?
2.
When
and how did they go to Bogor Botanic Garden?
3.
What
time did they arrive there?
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
3
|
Stress
|
|
|
|
4
|
Gestures
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
Total
Score
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar