Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Responding
to initial greetings
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji,
dan membatal-kan janji
3.1 Mengung-kapkan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (
bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan
mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima
janji, dan membatalkan janji
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Merespon dengan benar
terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
·
Melakukan berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan,
bertemu dan berpisah.
E. Materi Pokok
Responding to initial greetings
- very well, thank you and how are you.
-
I’m
good/okay/alright
-
Very well. Thank you
-
Oh, pretty good
-
Not to bad, thanks
-
Fine, thanks.
-
exellent
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok
belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
§
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Read
and give a response to the following expressions.
To
end the conversation, what would you say to someone.
|
II. Instrumen Penilaian
Read
and give a response to the following expressions.
1. How are you doing ?
2. Hello,
3. see you tomorrow
4. goodbye
5. see you about seven,
then.
6. good night
7. see you later
8. how do you do ?
9. see you soon.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
3
|
Stress
|
|
|
|
4
|
Gestures
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
Total
Score
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
sumber: https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar