Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Expressing Happiness
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
B. Kompetensi
Dasar
1.2 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi yang mengguna-kan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan
perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi
instruksi.
3.2 Mengungkap-kan makna
dalam perca-kapan tran-saksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara aku-rat, lancar dan berteri-ma
dengan menggunakan ragam ba-hasa lisan sederhana dalam kon-teks kehidu-pan
sehari-hari dan meli-batkan tindak tutur: meng-ungkapkan
perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi
instruksi.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Merespon berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara
senang dan bahagia.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara
senang dan bahagia.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko
(suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Merespon berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai
acara secara senang dan bahagia .
·
Melakukan berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai
acara secara senang dan bahagia.
E. Materi Pokok
-
Expreesing happiness : formal
§
oh, I’m so happy.
§ I can’t say how
pleased I am.
§ I had a splendid
time there.
§ What a marvelous
place I,Ve ever seen.
§ It’s an interesting
experience.
§ It’s an outstanding
adventure.
§ It’ a sensational
trip.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang
dan bahagia.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam
berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam
berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks berbagai tindak
tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara
secara senang dan bahagia.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai
acara secara senang dan bahagia .
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara
senang dan bahagia.
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Listen
to the tape carefully and choose the correct responses to the expressions you
heard.
To
end the conversation, what would you say to someone.
|
II. Instrumen Penilaian
Listen
to the tape carefully and choose the correct responses to the expressions you
heard.
For
example:
You
will hear: Hello, I'm Cut Nia. I'm your neighbour.
What's
your name?
The
correct response for the expression is ....
a.
Hello, Cut Nia. Nice to meet you.
b.
Hi, Cut Nia. My name is Edo. Nice to meet you.
The
correct response is (b) Hi, Cut Nia. My name is Edo.
Nice
to meet you.
1.
a. Good morning. What's your name?
b.
Good morning. I'm Deni.
2.
a. How do you do?
b.
Hi, Desi. How are you?
3.
a. I'm just fine.
b.
Good morning. My name is Risa.
4.
a. What's your name?
b.
Hi, Rudi. Nice to see you.
5.
a. Good bye. Nice to meet you.
b. Glad to meet you,
too.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
3
|
Stress
|
|
|
|
4
|
Gestures
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
Total
Score
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
sumber: https://aguswuryanto.wordpress.com/category/rpp-bahasa-inggris/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar