-RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP ...
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII/1 (satu)
Materi Pokok :
Teks descriptive lisan dan tulis, tentang orang, binatang, dan
benda.
Alokasi Waktu :
1 pertemuan (2 JP)
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
||
1
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat
mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi
internasional yang
diwujudkan dalam semangat
belajar.
|
1.1.1
|
Menulis learning log
yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku jujur,
disiplin,
percaya diri, dan
bertanggung jawab
dalam
melaksanakan
komunikasi
transaksional
dengan guru
dan teman.
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam RRP ini)
|
2.2.1
|
Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi
pemimpin kelompok
|
2.2.2
|
Mengakui ketika membuat kesalahan
|
|||
2.2.3
|
Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri
|
|||
2.2.4
|
Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa
diingatkan orang lain
|
|||
3
|
3.10
|
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang,
binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
.
|
3.13.1
|
Menentukan tujuan
komunikatif teks
|
3.13.2
|
Mengidentifikasi struktur teks
|
|||
3.13.3
|
Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
|
|||
4
|
4.12
|
Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan
tulis, sangat pendek dan sederhana.
|
4.14.1
|
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan
akurat, lancar dan berterima
|
4.14.2
|
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan
akurat, lancar dan berterima
|
|||
4.14.3
|
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis
dengan akurat, runtut dan berterima
|
|||
4.14.4
|
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis
dengan akurat, runtut dan berterima
|
|||
4.13
|
Menyusun teks deskriptif
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan
benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
|
4.15.1
|
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan
akurat, lancar dan berterima
|
|
4.15.2
|
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan
akurat, lancar dan berterima
|
|||
4.15.3
|
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis
dengan akurat, runtut dan berterima
|
|||
4.15.4
|
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis
dengan akurat, runtut dan berterima
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Seetelah
mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)
mengidentifikasi tujuan komunikatif teks
secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)
mengidentifikasi struktur teks secara
berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)
mengidentifikasi kata sifat yang
terdapat dalam teks secara berkelompok;
4)
mengidentifikasi kata kerja yang
terdapat dalam teks secara berkelompok;
5)
mengidentifikasi frase benda yang
terdapat dalam teks secara berkelompok;
6)
mengidentifikasi kata keterangan yang
terdapat dalam teks secara berkelompok;
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial: Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi,
memuji, mengkritik, dsb.
Struktur Teks:1. Penyebutan nama orang,
binatang, benda dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan
2. Penyebutan sifat orang, binatang, benda dan
bagiannya, dan
3. Penyebutan tindakan dari atau
terkait dengan orang, binatang, benda yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial
yang hendak dicapai.
Unsur Kebahasaan:
1)
Penyebutan kata benda singular dengan a
dan the, dan plural (-s).
2)
Kata ganti it, they, she, we, dst;
our, my, your, their, dst.
3)
Kata sifat yang sangat lazim, young,
old, clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya
4)
Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present
tense: be, have, go, play,get, take, dan
sebagainya.
5)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
6)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
Topik: Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan
kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin,
jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Metode
Ilmiah
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
White board, board marker, kamus,
internet
2. Alat
Bolpoint, kertas, audio
3. Sumber Pembelajaran
buku pegangan siswa
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
10 (menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam
tegur sapa
|
1) Apersepsi
dan motivasi
2) Penyampaian
tujuan pembelajaran
3) Penyampaian
cakupan materi dan uraian kegiatan
|
Kegiatan Inti (60
menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Observing
|
-
Siswa mendengarkan / menonton
berbagai macam teks ilmiah descriptive tentang orang, binatang, benda,
terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX. (Task 1)
-
Siswa membaca berbagai macam teks
ilmiah descriptive tentang orang, binatang, benda, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas IX. (Task 2)
|
Questioning
|
-
Dengan pertanyaan pengarah dari
guru, siswa mempertanyakan:
a.
Fungsi sosial
b.
Struktur teks
c.
Penggunaan unsur kebahasaan (present tense dan passive, rujukan kata) (Task 3)
-
Siswa mempertanyakan cara
menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan
dalam teks descriptive. (Task 4)
|
Experimenting
|
-
Siswa membaca / mendengarkan
beberapa teks descriptive dari
berbagai sumber tentang flora orang, binatang dan benda. (Task 5)
-
Siswa berlatih menemukan gagasan
utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks descriptive. (Task 6)
-
Siswa membaca / mendengarkan
beberapa teks descriptive dari
berbagai sumber tentang flora orang, binatang dan benda. (Task 7)
-
Siswa berlatih menemukan gagasan
utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks descriptive. (Task 8)
|
networking
|
-
Siswa menuliskan kata-kata rumpang dalam suatu
paragraf dengan tepat (Task 9)
-
Siswa merubah kalimat simple present tense positif menjadi kalimat negatif (Task 10)
|
Creating
|
-
Siswa secara berkelompok
menuliskan teks descriptive tentang
orang, binatang dan benda, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebangsaan. (Task 12)
|
Penutup (10 menit)
|
|
Refleksi, umpan balik, informasi
dan salam
|
-
Peserta didik dan guru melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
-
Peserta didik dan guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-
Guru memberikan penugasan berupa
tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang ciri ciri flora
atau fauna
-
Peserta didik dan guru
mengucapkan salam perpisahan.
|
H.
Penilaian
1. Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian : Tertulis
b. Bentuk Instrumen :
Learning Journal
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan
belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
d. Instrumen: lihat Lampiran ..
e. Rubrik penilaian
sikap spiritual
NO
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menggunakan
5 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
5
|
2
|
Menggunakan
4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
4
|
3
|
Menggunakan
3 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
3
|
4
|
Menggunakan
2 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
2
|
5
|
Menggunakan
kurang dari 2 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
1
|
f.
Pedoman
Penskoran:

Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
2.
Sikap sosial
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian sejawat (antar teman)
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar Peer Assessment
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Memberikan penilaian terhadap
diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran Penilaian Sikap 1-3
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:

Always

often

seldom
Contoh:
Mencentang
untuk seluruh pernyataan.




Bila mencentang:



Bila mencentang:



f.
Pedoman Penskoran

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Pilihan Ganda
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Disajikan tentang gambaran umum tentang tentang orang, binatang dan benda.
|
Soal No. 1
|
|
Disajikan dialog tentang gambaran umum tentang tentang
orang, binatang dan benda secara
objektif dan ilmiah.
|
Soal No. 2
|
|
Disajikan sebuah kalimat dengan
beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan simple present tense.
|
Soal No. 3
|
|
Disajikan pertanyaan yang
mengandung bentuk simple present tense, siswa dapat menentukan gambar sesuai
dengan teks.
|
Soal No. 4
|
|
Disajikan sebuah kelimat tidak
lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata kerja
bentuk simple present tense yang tepat.
|
Soal No.5
|
|
Disajikan sebuah percakapan,
siswa menentukan true atau false soal yang diberikan sesuai dengan percakapan
|
Soal No.6
|
|
Disajikan sebuah dialog yang
dirumpang, siswa dapat mengisi kata yang rumpang dengan dialog tersebut
|
Soal No.7
|
|
Disajikan kalimat yang masih
berantakan siswa dapat membentuk kata tersebut menjadi kalimat pasif.
|
Soal No.8
|
|
Disajikan sebuah kalimat aktif
sederhana, siswa dapat merubah kalimat tersebut menjadi kalimat pasif.
|
Soal No.9
|
|
Disajikan sebuah gambar, siswa
dapat menentukan kalimat mana yang sesuai dengan gambar
|
Soal No.10
|
d.
Instrumen: lihat Lampiran ...
e.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1
(satu)

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
4.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Unjuk Kerja
b.
Bentuk
Instrumen : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan berbicara
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan/Indikator
|
Butir Instrumen
|
Menulis
|
||
|
Disajikan sebuah jawaban E-mail tentang Menguraikan gambaran umum tentang orang,
binatang dan benda, secara
objektif dan ilmiah siswa dapat menuliskan e-mail singkat
pertanyaannya dengan akurat runtut dan berterima.
|
Soal No. 1
|
|
Disajikan sebuah jawaban e-mail tentang Menguraikan gambaran umum tentang tentang
orang, binatang dan benda, secara
objektif dan ilmiah siswa dapat menuliskan e-mail singkat pertanyaannya
dengan akurat runtut dan berterima.
|
Soal No. 2
|
|
Disajikan gambar beserta informasi tentang orang, binatang
dan benda, siswa dapat melengkapi informasi dengan tepat
|
Soal No. 3
|
|
Disajikan 4
(empat) buah gambar tentang orang, binatang dan benda, siswa dapat menuliskan informasi tentang
orang, binatang dan benda dengan tepat.
|
Soal No. 4
|
|
Disajikan 4 (empat) buah gambar tentang flora, siswa dapat menuliskan informasi faktual
tentang flora dengan tepat
|
Soal No. 5
|
|
Disajikan sebuah situasi sederhana,
siswa dapat menanyakan kebenaran
informasi tentang flora dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A1
|
|
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat
menanyakan kebenaran informasi
tentang flora dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A.2
|
|
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat
menanyakan kebenaran informasi
tentang flora dengan lancar, runtut dan berterima.
|
Soal No. A3
|
|
Siswa dapat menuliskan informasi factual tentang flora dalam bentuk teks sangat sederhana
secara akurat, runtut dan berterima.
|
Soal No.B
|
d.
Instrumen:
lihat Lampiran ...
e.
Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 6 dan 7)
Aspek
yang di nilai
|
kriteria
|
Skor
|
|
1
|
Kesesuaian
isi dengan tujuan penulisan
|
100%
isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60%
isi sesuai
|
3
|
||
40%
isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan
kata
|
100%
pilihan kata tepat
|
5
|
80% pilihan kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Penulisan
kosa kata
|
100%
penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80%
penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60%
penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40%
penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20%
penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
4
|
Ketepatan
tata bahasa
|
100%
penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80%
penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60%
penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40%
penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20%
penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
f.
Pedoman Penskoran

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
g.
Konversi
keterampilan membaca dan
mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
h.
Rubrik
untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pelafalan
|
·
Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·
Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu konsentrasi penuh
·
Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Tatabahasa
|
·
Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
4
3
2
1
|
Kosakata
|
·
Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus
menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
4
3
2
1
|
Kelancaran
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin
terjadi.
|
4
3
2
1
|
i.
Pedoman Penskoran:

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
j.
Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
|
100% isi sesuai
|
5
|
80% isi sesuai
|
4
|
||
60% isi sesuai
|
3
|
||
40% isi sesuai
|
2
|
||
20% isi sesuai
|
1
|
||
2
|
Pilihan kata
|
100% pilihan kata tepat
|
5
|
80%
pilihan kata tepat
|
4
|
||
60%
pilihan kata tepat
|
3
|
||
40%
pilihan kata tepat
|
2
|
||
20%
pilihan kata tepat
|
1
|
||
3
|
Keterpaduan kalimat
|
100% kalimat terpadu dan runtut
|
5
|
80%
kalimat terpadu dan runtut
|
4
|
||
60%
kalimat terpadu dan runtut
|
3
|
||
40%
kalimat terpadu dan runtut
|
2
|
||
20%
kalimat terpadu dan runtut
|
1
|
||
4
|
Penulisan kosa kata
|
100% penulisan kosa kata tepat
|
5
|
80%
penulisan kosa kata tepat
|
4
|
||
60%
penulisan kosa kata tepat
|
3
|
||
40%
penulisan kosa kata tepat
|
2
|
||
20%
penulisan kosa kata tepat
|
1
|
||
5
|
Ketepatan tata bahasa
|
100% penggunaan tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan tata bahasa tepat
|
1
|
||
6
|
Originalitas penulisan
|
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
5
|
80% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
4
|
||
60% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
3
|
||
40% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
2
|
||
20% tulisan hasil pemikiran sendiri
|
1
|
k.
Pedoman Peskoran:

Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
...................., ..............................
20...
Mengetahui
Guru
Mata Pelajaran
Dewi Kencanawati, M.Pd. Ferry
Tarida
NIP. NPM
11.1.01.08.0078
Tidak ada komentar:
Posting Komentar