Total Tayangan Halaman

40069

Selasa, 05 Agustus 2014

RPP kelas VII semster 1



-RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan : SMP ...                                                                                 
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/semester         : VII/1 (satu)
Materi Pokok           : Teks descriptive lisan dan tulis, tentang orang, binatang, dan benda.
Alokasi Waktu         : 1 pertemuan (2 JP)
A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1

Mensyukuri  kesempatan 
dapat mempelajari  bahasa 
Inggris  sebagai bahasa 
pengantar  komunikasi
internasional  yang 
diwujudkan  dalam semangat
belajar.
1.1.1
Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan     dapat belajar bahasa Inggris
2
2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.             
(Cetak tebal: Fokus untuk pembelajaran dalam  RRP ini)

2.2.1
Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok

2.2.2
Mengakui ketika membuat kesalahan

2.2.3
Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri

2.2.4
Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain

3
3.10
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
.

3.13.1
Menentukan tujuan  komunikatif teks

3.13.2
Mengidentifikasi struktur teks

3.13.3
Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks

4
4.12
Menangkap makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana.

4.14.1
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan akurat, lancar   dan berterima

4.14.2
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan akurat, lancar   dan berterima

4.14.3
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.14.4
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.13
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, tentang orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

4.15.1
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan akurat, lancar   dan berterima

4.15.2
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara lisan dengan akurat, lancar   dan berterima

4.15.3
Menanyakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima

4.15.4
Menyatakan sifat dan ciri fisik teks secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima


C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Seetelah mengikuti rangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1)      mengidentifikasi tujuan komunikatif teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
2)      mengidentifikasi struktur teks secara berkelompok berdasarkan pertanyaan pengarah dari guru;
3)      mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
4)      mengidentifikasi kata kerja yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
5)      mengidentifikasi frase benda yang terdapat dalam teks secara berkelompok;
6)      mengidentifikasi kata keterangan yang terdapat dalam teks secara berkelompok;


D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Fungsi Sosial: Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.

Struktur Teks:1. Penyebutan nama orang, binatang, benda dan nama bagian-bagiannya yang dipilih untuk dideskripsikan

2. Penyebutan sifat orang, binatang, benda dan bagiannya, dan
3. Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, binatang, benda yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.

Unsur Kebahasaan:
1)      Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
2)      Kata ganti it, they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
3)      Kata sifat yang sangat lazim, young, old, clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya
4)      Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan rutin dalam simple present tense: be, have, go, play,get, take, dan sebagainya.
5)      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
6)      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

Topik: Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
White board, board marker, kamus, internet
2.      Alat
Bolpoint, kertas, audio
3.      Sumber Pembelajaran
buku pegangan siswa

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Pendahuluan 10 (menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
1)      Apersepsi dan motivasi
2)      Penyampaian tujuan pembelajaran
3)      Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap
Kegiatan
Observing
-          Siswa mendengarkan / menonton berbagai macam teks ilmiah descriptive tentang orang, binatang, benda, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX. (Task 1)
-          Siswa membaca berbagai macam teks ilmiah descriptive tentang orang, binatang, benda, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX. (Task 2)

Questioning
-          Dengan pertanyaan pengarah dari guru, siswa mempertanyakan:
a.    Fungsi sosial
b.    Struktur teks
c.    Penggunaan unsur kebahasaan (present tense dan passive, rujukan kata) (Task 3)
-          Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks descriptive. (Task 4)

Experimenting
-          Siswa membaca / mendengarkan beberapa teks descriptive dari berbagai sumber tentang flora orang, binatang dan benda. (Task 5)
-          Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks descriptive. (Task 6)
-          Siswa membaca / mendengarkan beberapa teks descriptive dari berbagai sumber tentang flora orang, binatang dan benda. (Task 7)
-          Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks descriptive. (Task 8)

networking
-          Siswa menuliskan kata-kata rumpang dalam suatu paragraf dengan tepat (Task 9)
-          Siswa merubah kalimat simple present tense positif menjadi kalimat negatif (Task 10)

Creating
-          Siswa secara berkelompok menuliskan teks descriptive tentang orang, binatang dan benda, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas IX dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebangsaan. (Task 12)

Penutup (10 menit)
Refleksi, umpan balik, informasi dan salam
-          Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
-          Peserta didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
-          Guru memberikan penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang ciri ciri flora atau fauna
-          Peserta didik dan guru mengucapkan salam perpisahan.

           
H.    Penilaian
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian         : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen      : Learning Journal
c.       Kisi-kisi          :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.      Instrumen: lihat Lampiran ..
e.       Rubrik penilaian sikap spiritual

NO
Indikator
Skor
1
Menggunakan 5 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 3 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 2 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”                                        
2
5
Menggunakan kurang dari 2 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1





f.       Pedoman Penskoran:


Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

2.         Sikap sosial

a.         Teknik Penilaian       : Penilaian sejawat (antar teman)
b.        Bentuk Instrumen    : Lembar Peer Assessment
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Penilaian Sikap Sosial
Keterangan:

                   = 2
Always

= 1
often
= 0,5
                     seldom
Contoh: Mencentang            untuk seluruh pernyataan.
                                           = 2 + 2 + 2 = Skor 6
                     Bila mencentang:

  = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.

                    
                     Bila mencentang:


                                   = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5

f.         Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

3.         Pengetahuan

a.         Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
b.        Bentuk Instrumen    : Pilihan Ganda
c.         Kisi-kisi                    :

No.
Indikator
Butir Instrumen

  1.  
Disajikan tentang gambaran umum tentang tentang orang, binatang dan benda.
Soal No. 1

  1.  
Disajikan dialog tentang gambaran umum tentang tentang orang, binatang dan benda secara objektif dan ilmiah.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan sebuah kalimat dengan beberapa kata digarisbawahi, siswa dapat menentukan simple present tense.
Soal No. 3

  1.  
Disajikan pertanyaan yang mengandung bentuk simple present tense, siswa dapat menentukan gambar sesuai dengan teks.
Soal No. 4

  1.  
Disajikan sebuah kelimat tidak lengkap dan gambar yang relevan, siswa dapat melengkapinya dengan kata kerja bentuk simple present tense yang tepat.
Soal No.5

  1.  
Disajikan sebuah percakapan, siswa menentukan true atau false soal yang diberikan sesuai dengan percakapan
Soal No.6

  1.  
Disajikan sebuah dialog yang dirumpang, siswa dapat mengisi kata yang rumpang dengan dialog tersebut
Soal No.7

  1.  
Disajikan kalimat yang masih berantakan siswa dapat membentuk kata tersebut menjadi kalimat pasif.
Soal No.8

  1.  
Disajikan sebuah kalimat aktif sederhana, siswa dapat merubah kalimat tersebut menjadi kalimat pasif.
Soal No.9

  1.  
Disajikan sebuah gambar, siswa dapat menentukan kalimat mana yang sesuai dengan gambar
Soal No.10

d.         Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Pedoman penskoran: Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

4.         Keterampilan
a.         Teknik Penilaian            : Unjuk Kerja
b.        Bentuk Instrumen          : Tes Keterampilan Menulis, Membaca dan                                                      berbicara
c.         Kisi-kisi:
No.
Keterampilan/Indikator
Butir Instrumen
Menulis


  1.  
Disajikan sebuah jawaban E-mail tentang Menguraikan gambaran umum tentang orang, binatang dan benda, secara objektif dan ilmiah siswa dapat menuliskan e-mail singkat pertanyaannya dengan akurat runtut dan berterima.
Soal No. 1

  1.  
Disajikan sebuah jawaban e-mail tentang Menguraikan gambaran umum tentang tentang orang, binatang dan benda, secara objektif dan ilmiah siswa dapat menuliskan e-mail singkat pertanyaannya dengan akurat runtut dan berterima.
Soal No. 2

  1.  
Disajikan gambar beserta informasi tentang orang, binatang dan benda, siswa dapat melengkapi informasi dengan tepat
Soal No. 3

  1.  
Disajikan 4 (empat) buah gambar tentang orang, binatang dan benda, siswa dapat menuliskan informasi tentang orang, binatang dan benda dengan tepat.
Soal No. 4

  1.  
Disajikan 4 (empat) buah gambar tentang flora, siswa dapat menuliskan informasi faktual tentang flora dengan tepat
Soal No. 5

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan kebenaran informasi tentang flora dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A1

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan kebenaran informasi tentang flora dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A.2

  1.  
Disajikan sebuah situasi sederhana, siswa dapat menanyakan kebenaran informasi tentang flora dengan lancar, runtut dan berterima.
Soal No. A3

  1.  
Siswa dapat menuliskan informasi factual tentang flora dalam bentuk teks sangat sederhana secara akurat, runtut dan berterima.
Soal No.B


d.        Instrumen: lihat Lampiran ...

e.         Rubrik Tes Keterampilan Menulis (Soal No. 6 dan 7)


Aspek yang di nilai
kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat
1
3
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
4
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80% penggunaan tata bahasa  tepat
4
60% penggunaan tata bahasa  tepat
3
40% penggunaan tata bahasa  tepat
2
20% penggunaan tata bahasa  tepat
1


f.         Pedoman Penskoran


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

g.        Konversi keterampilan membaca dan mendengarkan, soal No. 8 – 10.
Setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu)


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

h.        Rubrik untuk penilaian keterampilan berbicara Lampiran 4 Part Three, bagian A.

ASPEK
KETERANGAN
SKOR




Pelafalan
·         Sangat jelas sehingga mudah dipahami
·         Mudah dipahami meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·         Ada masalah pengucapan sehingga pendengar perlu  konsentrasi penuh
·         Ada masalah pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Tatabahasa
·         Tidak ada atau sedikit kesalahan tatabahasa
·         Kadang-kadang ada kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·         Sering membuat kesalahan sehingga makna sulit dipahami
·         Kesalahan tatabahasa sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
4
3

2

1
Kosakata
·         Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat
·         Kadang-kadang menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·         Sering menggunakan kosakata yang tidak tepat
·         Kosakata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
4
3

2
1
Kelancaran
·         Sangat lancar.
·         Kelancaran sedikit terganggu oleh masalah bahasa
·         Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
·         Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
4
3
2

1

i.          Pedoman Penskoran:


Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1

j.          Rubrik untuk penilaian keterampilan menulis Lampiran 4 Part Three, bagian B.
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Skor
1
Kesesuaian isi dengan tujuan penulisan pesan
100% isi sesuai
5
80% isi sesuai
4
60% isi sesuai
3
40% isi sesuai
2
20% isi sesuai
1
2
Pilihan kata
100% pilihan kata tepat
5
80%  pilihan kata tepat
4
60%  pilihan kata tepat
3
40%  pilihan kata tepat
2
20%  pilihan kata tepat

1
3
Keterpaduan kalimat
100% kalimat terpadu dan runtut
5
80%   kalimat terpadu dan runtut
4
60%   kalimat terpadu dan runtut
3
40%   kalimat terpadu dan runtut
2
20%   kalimat terpadu dan runtut
1
4
Penulisan kosa kata
100% penulisan kosa kata tepat
5
80% penulisan kosa kata tepat
4
60% penulisan kosa kata tepat
3
40% penulisan kosa kata tepat
2
20% penulisan kosa kata tepat
1
5
Ketepatan tata bahasa
100% penggunaan tata bahasa  tepat
5
80%  penggunaan tata bahasa  tepat
4
60%  penggunaan tata bahasa  tepat
3
40%  penggunaan tata bahasa  tepat
2
20%  penggunaan tata bahasa  tepat
1
6
Originalitas penulisan
100% tulisan hasil pemikiran sendiri
5
80%   tulisan hasil pemikiran sendiri
4
60%   tulisan hasil pemikiran sendiri
3
40%   tulisan hasil pemikiran sendiri
2
20%   tulisan hasil pemikiran sendiri
1

k.        Pedoman Peskoran:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1



...................., .............................. 20... 


Mengetahui                                                                
                                                                                    Guru Mata Pelajaran





Dewi Kencanawati, M.Pd.                                         Ferry Tarida               
NIP.                                                                            NPM 11.1.01.08.0078















Tidak ada komentar:

Posting Komentar